Ini Dia Makanan Penghilang Stres yang Nikmat Sekaligus Sehat

17 Oktober 2018 | 0 Komentar
Stress bisa melanda siapapun tanpa memandang usia, mulai dari pekerja kantor, mahasiswa, anak sekolah, bahkan anak kecil pun bisa stres. Bisa dibilang, ngemil adalah salah satu cara menghilangkan stres yang paling ampuh. Itu sebabnya nggak sedikit orang yang memilih untuk melipir kumpul-kumpul di restoran fast food atau ngopi sambil ngemil di coffee shop setelah seharian stres di kantor. Namun ternyata nggak semua makanan merupakan pilihan terbaik untuk meredakan penatnya pikiran lho, karena kebanyakan memang hanya nikmat di lidah. Tapi nggak perlu khawatir juga ya, karena ada sejumlah makanan sehat yang bisa kamu lahap sesuka hati jika ngemil merupakan pelarian favorit sebagai cara menghilangkan stres. Makanan-makanan di bawah ini mengandung nutrisi baik yang telah terbukti mampu memberikan dorongan energi, menurunkan kadar hormon stres kortisol, dan meningkatkan kadar hormon “bahagia” yaitu serotonin.

1. Alpukat


Sumber : Hellosehat.com

Buah yang menjadi favorit semua orang ketika dibuat jus ini ternyata mengandung glutathione, yang dapat memblokir penyerapan lemak tertentu dalam usus.  Selain itu, buah hijau ini juga mengandung lutein, beta karoten, vitamin E, dan folat yang lebih banyak dari buah lainnya. Alpukat juga dapat berfungsi mengurangi tingkat stres karena adanya kandungan kalium yang berguna memberikan rasa tenang

2. Oatmeal


Sumber : Apinchofhealthy.com

Berbicara tentang makanan yang “menenangkan”, mungkin nggak ada yang bisa ngalahin semangkuk oatmeal hangat. Selain rasanya enak, oatmeal bisa disajikan dengan apa saja seperti cookies, daging, buah, muffin, roti dan lain-lain. Kandungan karbohidrat kompleks yang dimiliki oatmeal dapat mengurangi tekanan darah yang tinggi dengan cara meningkatkan produksi serotonin di dalam tubuh. Serotonin sendiri sering disebut sebagai feel good hormone atau hormon yang menciptakan perasaan tenang dan bahagia di dalam otak. Hal ini sangat berguna untuk menghilangkan kecemasan saat stres.

3. Salmon


Sumber : Pergikuliner.com

Stres bisa menimbulkan kecemasan, berkat melonjaknya hormon adrenalin dan kortisol. Kandungan asam lemak omega-3 dalam salmon memiliki sifat antiperadangan yang dapat membantu melawan efek negatif dari hormon stres. Ada banyak cara untuk menikmati daging ikan yang penuh omega-3 ini, baik di panggang, bakar dan lain sebagainya. Sebuah penelitian mengatakan bahwa salmon memiliki khasiat sebagai zat anti-inflammasi, dan juga kandungannya mampu menekan hormon stres bernama kartisol.

4. Dark Chocolate



Sumber : Bluestarseniortech.com

Dark chocolate atau cokelat hitam mengandung flavanols dan polyphenols, yang membuat perasaan menjadi tenang, serta menurunkan tekanan darah. Mungkin semua orang sudah mengetahui bahwa coklat adalah salah satu makanan yang dapat mengatasi stres. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa cokelat dapat mengurangi hormon stres yang ada dalam dirimu.

5. Jeruk


Sumber : Sehatfresh.com

Jeruk adalah gudangnya vitamin C. Vitamin C memiliki manfaat yang jauh melampaui sekadar meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini sudah terbukti ampuh mengurangi efek fisik dan psikologis dari tekanan stres. Kadar vitamin C dalam tubuh paling tinggi dalam tubuh ditemukan secara alami di kelenjar adrenalin, dan penelitian menunjukkan bahwa stres dapat menguras persediaan vitamin C dalam tubuh.

6. Yoghurt



Sumber : Pergikuliner.com

Mengkonsumsi yoghurt rupanya dapat menurunkan tingkat stres yang berlebih. Yogurt dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang berguna memberikan rasa nyaman bagi kamu yang sedang stres. Cobalah dengan yoghurt berbagai rasa agar nggak bosan.

7. Es Krim


Sumber : Pergikuliner.com

Makanan dingin satu ini yang paling disukai orang yang sedang stres. Nggak hanya itu, hampir semua orang sangat menyukai es krim meskipun nggak stres sekalipun. Kombinasi susu dan krim merupakan perpaduan yang cocok yang bisa memberikan rasa nyaman bagi kamu yang sedang stres. Kandungan amino thrytopan dalam es krim berfungsi menenangkan otak.

Nah, itu dia tujuh makanan penghilang stres yang bisa kamu nikmati ketika kamu sudah mulai merasa banyak tekanan dalam otak kamu. Apalagi kalau kamu mencobanya di tempat makan rekomendasi PergiKuliner di bawah ini, dijamin deh kamu bisa jadi good mood. 

Nama Sushi by Sushi Masa

Better Chocolate Than Never

Llao Llao

Gelato Secrets

101+ Juice


Topik artikel ini: