Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Makanan dan Minuman untuk Mengatasi Ngantuk

List Artikel
21 Desember 2015 | 0 Komentar

Rasa kantuk seringkali datang tanpa diundang di waktu yang tidak tepat, misalnya saat sedang belajar, kerja, rapat, dan lain-lain. Wah bisa bahaya nanti kalau tidak segera diatasi! Tahukah kamu, ternyata ada lho makanan dan minuman yang bisa mencegah atau mengusir rasa kantuk. Apa saja? Yuk, simak!



1. Kopi dan Teh



Sumber: pergikuliner,com


Minuman ini memang sudah terkenal untuk mengusir kantuk karena kandungan kafein di dalamnya yang bisa membuat mata kamu melek dan tubuh terasa segar. Kalau kamu kurang suka kopi, kamu bisa menggantinya dengan teh hangat.



2. Makanan Pedas



Sumber: pergikuliner.com


Rasa pedas pada makanan bisa merangsang sirkulasi  darah dan membuat tubuh kita segar. Oleh karena itu makanan pedas bisa membantu untuk mengusir kantuk. Tapi jangan berlebihan ya, supaya tidak menimbulkan masalah bagi pencernaan.



3. Cokelat Hitam



Sumber: pergikuliner.com


Kandungan di dalam cokelat hitam bisa meningkatkan hormon-hormon bahagia dalam tubuh. Selain itu makanan ini juga kaya akan zat besi dan magnesium yang bisa memberi energi dan membuat kamu tetap aktif sepanjang hari.



4. Yoghurt



Sumber: pergikuliner.com


Selain baik untuk pencernaan dan kesehatan tubuh, yoghurt juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi ngantuk. Kandungan gula alami dan protein dalam yoghurt bisa membuat kondisi tubuh menjadi fit dan bugar. Apalagi kalau kamu mengonsumsinya dalam keadaan dingin.



5. Pisang



Sumber: pergikuliner.com


Pisang dapat menstabilkan kadar gula darah dan meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, pisang mudah mencerna dan bisa memberikan energi yang relatif cepat.



6. Telur



Sumber: pergikuliner.com


Sarapan dengan telur sangat bermanfaat untuk memberikan energi dan membuatmu tetap terjaga dalam jangka waktu lama. Selain itu, makanan ini juga bisa menambah energi tubuh ketika merasa lelah.



7. Oatmeal



Sumber: pergikuliner.com


Oatmeal mengandung magnesium dan fosfor, sekaligus mengandung vitamin B yang baik untuk menghilangkan rasa lelah dan ngantuk. Maka dari itu makanan ini bisa menjadi cemilan yang pas di siang hari saat kamu mulai merasa ngantuk.



8. Makanan Asam



Sumber: spirit.web.id


Pilih makanan yang terasa asam dan kaya vitamin C, seperti jeruk dan lemon. Karena vitamin C dapat mengurangi hormon kortisol yang bisa menyebabkan stres dan kelelahan.



9. Air Putih



Sumber: kompasiana.com


Rasa mengantuk dan lelah ternyata bisa disebabkan karena tubuh kekurangan cairan. Maka dari itu, cukupi kebutuhan air untuk tubuh setiap kali kamu merasa ngantuk. 


Itulah sembilan makanan dan minuman yang bisa menjadi pengusir kantuk. Semoga bermanfaat ya!

TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

Restoran Beautika Manado

Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado

Sunny Side Up

Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up

Sour Sally

Foto Sour Sally
Foto Sour Sally
Foto Sour Sally

Kedai Es Pisang Ijo Pemuda

Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?