Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Psst, 5 Kuliner Ini Wajib Dihindari Saat Santap Sahur

List Artikel
15 April 2023 | 0 Komentar

Santap sahur menjadi salah satu kegiatan yang selalu dilakukan saat bulan Ramadan. Meskipun sifatnya memang sunah atau tidak wajib, aktivitas makan sebelum berpuasa ini bisa membantu memberikan energi untuk tubuh kita selama berpuasa seharian. Oleh karena itu, pemilihan kuliner untuk sahur juga harus diperhatikan dengan baik. Ada beberapa kuliner yang disarankan untuk disantap saat sahur dan ada yang tidak. Biasanya, makanan yang disarankan untuk sahur adalah makanan yang dibuat dari sayur-sayuran, bisa berupa tumisan hingga sayur berkuah. Hal ini dikarenakan makanan yang dibuat dari sayur bisa memberikan serat kepada tubuh sehingga tidak mudah haus dan lapar selama berpuasa. Lantas, kuliner apa saja yang sebaiknya dihindari saat santap sahur? Coba langsung kita cek bersama-sama, yuk!

 

1. Junk Food



Sumber: pergikuliner.com


Kuliner pertama yang paling dihindari adalah junk food. Kuliner ini sangat tidak disarankan untuk santap sahur karena selain bisa membuat perut cepat lapar, kandungan karbohidrat dan lemak yang ada di dalamnya bisa membuat cepat haus dan mengantuk. Junk food bisa berupa burger, hot dogfrench fries, dan sebagainya. Jika ingin menyantap junk food sebaiknya santap sebagai menu berbuka puasa atau disantap setelah shalat tarawih supaya tidak terlalu kekenyangan.

 

2. Mie Instan



Sumber: pergikuliner.com


Mie instan selalu dipilih sebagai menu sahur yang praktis dan cepat karena hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk membuatnya. Padahal, mie instan sebenarnya termasuk kuliner yang wajib dihindari saat santap sahur. Pasalnya, mie instan mengandung bahan pengawet dan perasa buatan yang bisa membuatmu mudah haus. Tidak hanya itu saja, kandungan karbohidrat yang sangat tinggi juga bisa membuatmu mudah merasa lapar hanya dalam beberapa jam berpuasa saja.

 

3. Makanan Bersantan



Sumber: pergikuliner.com


Selanjutnya ada makanan bersantan yang juga sebaiknya dihindari saat santap sahur. Makanan bersantan tidak dianjurkan untuk sahur dikarenakan santan memiliki kadar kalori yang sangat tinggi sehingga bisa membuatmu cepat merasa haus saat berpuasa. Makanan yang bersantan juga bisa membuat asam lambung naik jika dikonsumsi saat sahur. Jika terpaksa menyantap makanan bersantan saat sahur, dianjurkan untuk menyantap buah dan sayur setelahnya untuk menetralisir kandungan santan.   

 

4. Makanan Pedas



Sumber: pergikuliner.com


Sudah bukan rahasia lagi kalau makanan pedas sebaiknya tidak dikonsumsi saat santap sahur. Makanan pedas bisa memicu rasa haus lebih cepat, meningkatkan asam lambung yang bisa membuat perut sakit, membuat perut merasa mulas dan buang air besar berlebihan sehingga tubuh akan merasa lemas selama berpuasa. Jika di rumah hanya ada makanan pedas untuk santap sahur, kamu bisa menyisihkan sebagian sambal atau cabainya dan tidak memakannya.

 

5. Minuman Berkafein



Sumber: pergikuliner.com


Kuliner terakhir yang wajib dihindari saat santap sahur adalah minuman berkafein seperti teh dan kopi. Minuman berkafein bisa membuat tubuh dehidrasi karena kekurangan cairan. Pasalnya minuman berkafein memiliki sifat diuretik sehingga bisa meningkatkan kadar buang air kecil. Saat tubuh sering buang air kecil, maka tubuh bisa kekurangan cairan sehingga cepat merasa lemas dan haus saat sedang berpuasa. Sebaiknya konsumsi minuman yang mengandung banyak serat seperti jus buah dan sayur yang bisa membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

 

Itulah beberapa kuliner yang wajib dihindari saat santap sahur. Jika ingin mencari kuliner untuk santap sahur yang enak, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempatnya yang bisa kamu cicip!

 

Tung Tau

Foto Tung Tau
Foto Tung Tau
Foto Tung Tau

Sate Maranggi Sari Asih

Foto Sate Maranggi Sari Asih
Foto Sate Maranggi Sari Asih
Foto Sate Maranggi Sari Asih

Daily Box

Foto Daily Box
Foto Daily Box
Foto Daily Box

Bakso Rusuk Samanhudi

Foto Bakso Rusuk Samanhudi
Foto Bakso Rusuk Samanhudi
Foto Bakso Rusuk Samanhudi

Winglok Hongkong Dimsum

Foto Winglok Hongkong Dimsum
Foto Winglok Hongkong Dimsum
Foto Winglok Hongkong Dimsum

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?