Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Serupa Tapi Tak Sama, Inilah 5 Makanan Korea yang Mirip Dengan Makanan Indonesia

List Artikel
15 November 2018 | 0 Komentar

Teman PergiKuliner yang sudah sering nonton drama korea tentu sudah tidak asing lagi dong dengan makanannya? Semenjak industri hiburan asal negeri ginseng ini melejit, memang banyak dari masyarakat Indonesia terutama kaum milenial yang penasaran dengan makanan Korea. Tapi tahukah kamu, kalau makanan Korea ini ternyata tidak sedikit yang mirip dengan makanan Indonesia lho. Ingin tahu makanan apa saja itu? Simak beberapa di antaranya yuk!


1. Kimchi dan Asinan

Sumber : Pergikuliner.com

Kamu pasti sudah sering melihat kimchi di beberapa drama serial Korea. Kimchi sebenarnya merupakan lalapannya orang Korea yang juga dijadikan pendamping untuk beberapa makanan seperti ramen, budae jigae, dan lain-lain. Kimchi terdiri dari sayuran dengan cita rasa asam dan pedas, yang kalau dipikir-pikir sebenarnya makanan ini hampir mirip dengan asinan di Indonesia yang juga memiliki rasa yang asam dan pedas.


2. Tteokbokki dan Cilok


Sumber : Pergikuliner.com


Ingatkah kamu dengan cilok? Kalau dilihat sepintas memang cilok ini mirip dengan tteokbokki. Teksturnya yang sama-sama kenyal dan disantap dengan bumbu juga menambah mirip kedua jenis makanan ini. Hanya saja yang membedakannya, tteokbokki disantap dengan saus gochujang pedas, sedangkan cilok biasanya disantap dengan saus kacang atau bahkan dibuat menjadi bumbu kuah yang rasanya juga pedas.


3. Kimbab dan Lemper


Sumber : Pergikuliner.com


Kimbap merupakan makanan yang paling sering dimakan masyarakat Korea Selatan saat sarapan. Bentuknya hampir mirip dengan sushi yakni berupa nasi yang digulung dengan rumput laut dan aneka isian. Nah di Indonesia sendiri juga ada makanan yang serupa dengan kimbab lho, yaitu lemper. Bedanya, lemper hanya diisi daging tanpa sayuran dan dibungkus dengan daun pisang.


4. Jjangmyeon dan Mie Yamin


Sumber : Pergikuliner.com


Kalau yang ini sekilas mengingatkan kita dengan mie ayam yamin. Mie asal Korea ini terbuat dari mie dengan saus kacang hitam dan potongan ayam khas Korea yang sekilas tampilannya mirip dengan mie ayam yamin yang ada di Indonesia. Rasanya pun juga hampir sama yakni agak manis, dan warnanya sedikit kecokelatan. Hanya saja, topping mie yamin lebih variatif karena bisa ditambahkan kerupuk pangsit, daun bawang dan bakso.


5. Patbingsoo vs Es Campur


Sumber : Pergikuliner.com


Terakhir, mari kita beralih ke dessert. Patbingsoo merupakan dessert asal Korea yang saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat di Indonesia. Patbingsoo terdiri dari es serut yang diberi lelehan susu dan kacang merah di atasnya, serta ditambahkan aneka topping lain seperti buah dan jelly. Sementara di Indonesia, ada pula dessert segar serupa yang berisi es serut dengan aneka isian seperti buah-buahan, lelehan susu, dan lain-lain yaitu es campur.


Nah, itu dia makanan Korea yang mirip dengan makanan Indonesia. Bagaimana menurut kamu? Jika kamu sudah tidak sabar ingin mencobanya, kamu bisa datang ke tempat-tempat makan di bawah ini ya!

Mujigae

Foto Mujigae
Foto Mujigae

School Food Blooming Mari

Foto School Food Blooming Mari
Foto School Food Blooming Mari
Foto School Food Blooming Mari

Mu Gung Hwa Snack Culture

Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture

Jjang Korean Noodle & Grill

Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill

The Young Dong

Foto The Young Dong
Foto The Young Dong
Foto The Young Dong

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?