Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Suka Bikin Smoothies Bowl dan Salad Buah? Ini Caranya Memilih Buah Segar di Pasar

List Artikel
30 Agustus 2018 | 0 Komentar

Pola hidup sehat sekarang memang sedang menjadi tren, tak hanya di kalangan orang tua saja, tapi juga di kalangan anak muda. Tak heran jika konsumsi buah semakin meningkat beberapa tahun belakangan ini. Jika tadinya buah hanya disantap begitu saja atau dijadikan jus, sekarang buah bisa diolah menjadi smoothies bowl dan salad sehingga yang menyantapnya tidak akan bosan. Buat kamu yang sering membuat olahan buah sendiri di rumah, PergiKuliner punya beberapa tips memilih buah segar di pasar berdasarkan dari jenis buahnya, yaitu:


1. Mangga


Sumber : Squarespace.com


Buah pertama yang sering dijadikan olahan adalah mangga karena selain mudah didapat di Indonesia, harga buah mangga juga terbilang murah. Tapi sayangnya, memilih buah mangga yang segar dan manis tidaklah mudah. Terkadang kamu salah pilih buah mangga yang asam sehingga tidak bisa dimakan. Saat memilih mangga, apapun jenisnya, jangan melihat dari warna luarnya karena ada juga mangga yang berwarna hijau muda tapi sudah matang seperti mangga manalagi. Mangga yang segar dan manis bisa kamu cium dari aromanya yang wangi. Selain itu, kamu juga bisa memijit buahnya, cari buah mangga yang memilih tekstur kenyal.


2. Apel


Sumber : Goroadtrip.com


Berbeda dengan mangga, kamu bisa memilih apel yang segar dari tampilan warna kulit luarnya. Pilih apel yang punya warna merah dengan sedikit warna kuning, jika apel sudah terlalu berwarna cokelat, maka apel tersebut sudah terlalu matang. Kamu juga bisa mengetesnya dengan mengetukkan jari di permukaan apel, jika berbunyi nyaring, maka apel tandanya masih renyah dan mengandung banyak air sehingga pas untuk dimakan.


3. Alpukat


Sumber : Healthline.com


Alpukat tak hanya cocok dijadikan jus atau smoothies, tapi juga enak dipadukan dengan sayur-sayuran dalam salad. Untuk memilih alpukat yang segar, kamu harus menentukan terlebih dahulu kapan kamu akan menyantapnya. Jika ingin disantap langsung, maka pilih alpukat yang memiliki warnanya hijau gelap dengan sedikit warna kecoklatan. Tapi jika ingin disantap beberapa hari lagi, pilihlah yang masih berwarna hijau terang. Alpukat yang matang juga bisa diketahui saat kamu menekan bagian luarnya, jika terasa empuk, maka tandanya alpukat sudah matang.


4. Buah Naga


Sumber : Iaata.info


Sama seperti mangga, buah naga memang sangat mudah ditemukan di negara-negara tropis. Buah yang terlihat unik karena kulitnya seperti sisik naga ini ternyata bisa kamu lihat tingkat kematangannya dari kulit luarnya saja karena buah naga tidak memiliki aroma wangi yang merebak. Jika sisik buah pada bagian ujung memiliki warna hijau yang sedikit, maka buah sudah matang karena bagian ujung merupakan bagian yang paling akhir berubah jadi warna merah, jadi fokuskan saja pada bagian ini.


5. Strawberry


Sumber : Losebabyweight.com


Pasti di antara kamu sudah banyak yang tahu bagaimana caranya memilih buah strawberry yang segar karena buah ini sangat mudah dikenali kesegarannya. Buah strawberry segar yang sudah matang memiliki warna merah terang dan mengkilap. Kamu juga bisa melihat kesegarannya dari daunnya, jika daun yang menempel pada bagian atas strawberry masih terlihat hijau dan segar, itu tandanya buah tersebut masih baru dipetik. Untuk rasa manis, pilih strawberry yang sedang dan tidak terlalu besar.


6. Semangka


Sumber : Pergikuliner.com


Saat musim panas, semangka selalu menjadi buah yang paling dicari karena meski tidak disajikan dalam keadaan dingin, buah ini memiliki kandungan air yang sangat banyak sehingga saat menyantapnya akan tetap terasa segar. Kalau kamu ingin mendapatkan semangka yang manis, pilih semangka yang bagian bawahnya memiliki bercak kuning, semakin lebar bercak tersebut, semakin bagus semangka. Kamu juga bisa mengetuknya untuk mengetahui tingkat kematangan. Jika bunyinya nyaring, semangka belum matang, tapi jika tidak menggema, berarti semangka sudah matang.


7. Nanas


Sumber : Pergikuliner.com


Buah-buahan tropis memang memiliki kadar air yang cukup tinggi sehingga cocok untuk dijadikan jus atau smoothies. Salah satu buah tropis yang juga punya kandungan air tinggi adalah nanas. Saat memilih nanas di pasar, kamu bisa melihatnya dari warna kulit luarnya. Jika warnanya kuning cenderung orange, maka itu tandanya nanas sudah matang. Selain itu, sudah pasti kamu bisa mencium aromanya, nanas yang matang mengeluarkan aroma wangi yang manis. Jika nanas masih ada daunnya, kamu bisa mencoba memetiknya, jika mudah dipetik, maka nanas sudah matang.


Sekarang kamu sudah tau kan cara memilih buah segar di pasar? Nah, kalau kamu nggak mau repot bikin smoothie bowl  atau salad buah sendiri, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat di bawah ini untuk mendapatkan smoothie bowl dan salad buah yang segar!

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

SNCTRY & Co

Foto SNCTRY & Co
Foto SNCTRY & Co
Foto SNCTRY & Co

Nalu Bowls

Foto Nalu Bowls
Foto Nalu Bowls
Foto Nalu Bowls

Beets and Bouts

Foto Beets and Bouts
Foto Beets and Bouts
Foto Beets and Bouts

Banainai

Foto Banainai
Foto Banainai
Foto Banainai

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?