Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Menguak Asal Usul Budae Jjigae yang Terinspirasi dari Santapan Tentara

List Artikel
26 Mei 2022 | 2 Komentar

Kuliner Korea di Indonesia sudah sangat populer, tak hanya di ibu kota saja, tapi juga di beberapa kota-kota besar seperti Bandung dan Surabaya. Hal ini bisa dibuktikan dengan menjamurnya restoran Korea yang bisa dengan mudah kita jumpai keberadaannya. Kuliner Korea memiliki ciri khas unik dari segi tampilan dan rasanya sehingga membuat masyarakat Indonesia menyukainya. Salah satu kuliner Korea yang  punya banyak penggemarnya di Indonesia adalah budaejjigae. Budae jjigae ini merupakan kuliner berkuah merah dengan aneka isian di dalamnya. Kamu bisa menemukan mie, telur, sayuran, sosis, ham, dan lain sebagainya. Berbicara tentang budae jjigae, tahukah kamu bagaimana asal usul budae jjiage terbuat?


 

Sumber: Pergikuliner.com


Menilik dari segi sejarahnya, jika kamu tahu asal usul budae jjigae pasti tak akan menyangka kalau kuliner khas Korea ini terinspirasi dari makanan semasa perang Korea. Sebagai petunjuk, budae jjigae ini dijuluki dengan nama sup pangkalan militer. Julukan tersebut bukan tanpa alasan diberikan, karena memang asal usul budae jjigae berasal dari pangkalan militer. Semasa peperangan Korea, makanan menjadi hal yang sangat langka dan sulit untuk didapat sehingga masyarakatnya selalu menganggap makanan sebagai hal yang berharga. Pada masa peperangan Korea, ada sebuah pangkalan militer Amerika yang dibangun di kota Euijeongbu. Saat masyarakat Korea kelaparan, di pangkalan militer milik Amerika tersebutlah, makanan bisa didapat. Meski mereka terkadang mendapat makanan sisa, tapi berhubung makanan sangat langka, maka mau tak mau masyarakat Korea dan tentara Korea setempat mengonsumsinya.



Sumber: Pergikuliner.com


Seperti yang kita ketahui, makanan-makanan Amerika ini kebanyakan adalah makanan kaleng seperti sosis, daging kaleng, hingga keju. Lidah masyarakat Korea tentu saja berbeda dengan masyarakat Amerika sehingga mereka tidak menyantap makanan kaleng tersebut begitu saja, melainkan menggabungkannya dengan cara merebusnya bersama dengan pasta cabai Korea atau yang kita kenal dengan nama gochujang, bubuk cabai (gochugaru), kimchi, bawang putih, serta mie instan Korea. Semua bahan dimasukkan menjadi satu dan dimasak dalam wadah panci besar lalu disantap beramai-ramai. Makanan dari pangkalan militer ini kemudian jadi sangat populer dan menjadi asal usul budae jjigae. Kuliner inipun mengalami inovasi meski tidak banyak perubahannya. 


Uniknya, meski sudah bertahun-tahun ada, budae jjigae waktu itu masih susah didapat karena bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya berasal dari pangkalan militer Amerika, sedangkan pemerintah Korea masih melarang adanya impor. Jadi, mau tak mau mereka mendapatkannya secara ilegal atau mengambil bahan makanan sisa. Barulah pada tahun 1980, larangan impor dicabut sehingga tak hanya para tentara saja yang bisa menikmati budae jjigae dengan leluasa, tapi juga masyarakat Korea.

 


Sumber: Pergikuliner.com


Setelah tahun 1980, budae jjigae mengalami inovasi seperti adanya tambahan sayur-sayuran yang saat itu bisa didapat dengan mudah seperti jamur, wortel, dan daun bawang. Lalu adanya tambahan mandu, odeng (fishcake), telur, dan lain sebagainya. Sekarang, kamu sudah tahu 'kan bagaimana asal usul budae jjigae yang konon terinspirasi dari santapan tentara pada masa perang Korea? Meski tercipta secara tidak sengaja, tapi saat ini ada banyak sekali orang yang menggemarinya. Kamu sendiri pernah mencoba budae jjigae atau sudah sering mencicipnya? 

Jjang Korean Noodle & Grill

Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill

Warung Korea Pop

Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop

Noodle King

Foto Noodle King
Foto Noodle King
Foto Noodle King

Darin Master Of Noodle

Foto Darin Master Of Noodle
Foto Darin Master Of Noodle
Foto Darin Master Of Noodle

SGD The Old Tofu House

Foto SGD The Old Tofu House
Foto SGD The Old Tofu House
Foto SGD The Old Tofu House

Resto Bumbu Satu

Foto Resto Bumbu Satu
Foto Resto Bumbu Satu
Foto Resto Bumbu Satu

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
efPXcAIrxwuoh
potelzakhpec1989@yahoo.com | 26 May 2022 pk. 03:10 AM
Foto user umum
AkupsamOztre
potelzakhpec1989@yahoo.com | 26 May 2022 pk. 03:10 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?