Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Suka Makan Ayam? Yuk, Kenali 5 Bagian Ayam yang Digunakan dalam Dunia Kuliner

List Artikel
7 Januari 2021 | 0 Komentar

Siapa tak suka makan ayam? Ayam menjadi salah satu bahan makanan paling digemari di dunia. Ayam yang masuk dalam golongan hewan unggas ini mengandung protein hewani yang tak kalah bergizinya dari daging, ikan, dan seafood. Selain itu, ayam juga sangat bermanfaat bagi  tubuh kamu karena bisa mencegah anemia, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperkuat tulang, mengurangi resiko radang sendi, serta menyeimbangkan kolesterol. Ayam memiliki beberapa bagian tubuh yang hampir semuanya bisa diolah menjadi kuliner lezat. Buat kamu yang suka makan ayam, yuk kenali lima bagian ayam yang paling sering digunakan dalam dunia kuliner.

 

1. Dada



Sumber: Pergikuliner.com


Bagian dada ayam berada di urutan pertama karena paling sering digunakan menjadi aneka kuliner lezat yang bikin lidah kamu bergoyang. Bagian dada atau keel ini memiliki tekstur daging yang lebih tebal sehingga bisa dimasak menjadi apa saja seperti dibuat steak dalam keadaan utuh, digoreng untuk chicken katsu, dipotong dadu untuk dijadikan campuran sup atau tumisan, hingga dicincang untuk dicampur sebagai isian pastry. Karena dagingnya yang tebal dan banyak digunakan, harga dada ayam lebih mahal dibanding bagian ayam lainnya. 


2. Paha



Sumber: Pergikuliner.com


Paha ayam atau yang dikenal dengan nama drumstick merupakan bagian ayam terfavorit untuk dijadikan ayam goreng. Pasalnya, daging pada bagian paha ini cukup tebal dan bertekstur lebih kenyal dibanding bagian dada yang bertekstur lebih lembut. Oleh karena itu, kamu paling sering menemukan paha ayam yang diolah dengan cara digoreng dengan balutan tepung yang renyah dan crispy.


3. Sayap



Sumber: Pergikuliner.com


Sayap ayam alias chicken wings menjadi bagian ayam ketiga yang juga tak kalah tenarnya untuk dijadikan chicken wings crispy yang digoreng renyah dengan tepung. Meski dagingnya tergolong tidak terlalu banyak, tapi sensasi menyantap daging yang menyatu bersama tulang lunak sayap sangatlah nikmat disantap. Tak hanya nikmat digoreng, sayap ayam juga sering dijadikan campuran dalam sup.


4. Ceker



Sumber: Pergikuliner.com


Ceker alias kaki ayam memang terdengan agak menjijikkan bagi sebagian orang, tapi ternyata ceker ayam ini memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat tinggi loh. Ada banyak sekali olahan kuliner yang terbuat dari ceker ayam seperti dimsum, soto ceker, sup, hingga gorengan alias ceker yang digoreng dengan bumbu ungkep. Sensasi menggerogoti daging yang melekat pada tulang-tulang lunak ceker pastinya bikin kamu ketagihan.


5. Ati Ampela



Sumber: Pergikuliner.com


Terakhir ada ati ampela yang masuk dalam kategori jerohan ayam. Meski masuk dalam kategori jerohan, tapi ati ampela memiliki nilai gizi serta protein yang tinggi sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, meregenerasi sel-sel otot, hingga mencegah anemia. Ati ampela bisa kamu santap dalam kuliner Indonesia seperti sate ati ampela yang sering disajikan bersama dengan bubur ayam atau soto hingga dimasak menjadi sambal goreng kentang ati.


Nah sudah tahu kan apa saja bagian dari ayam yang paling sering di jadikan olahan dalam makanan? Kamu penggemar daging ayam pasti langsung laper setelah baca informasi di atas kan? Langsung aja yuk makan olahan daging ayam yang super enak di restoran di bawah ini!

Chir Chir

Foto Chir Chir
Foto Chir Chir
Foto Chir Chir

Ayam Goreng Karawaci

Foto Ayam Goreng Karawaci
Foto Ayam Goreng Karawaci
Foto Ayam Goreng Karawaci

Wingstop

Foto Wingstop
Foto Wingstop
Foto Wingstop

Kimukatsu

Foto Kimukatsu
Foto Kimukatsu
Foto Kimukatsu

Fried Chicken Master

Foto Fried Chicken Master
Foto Fried Chicken Master
Foto Fried Chicken Master

Mau tahu lebih banyak restoran dengan menu daging ayam yang super enak? Cek pergikuliner.com aja!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?