Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Makanan Musim Dingin dari Berbagai Negara

List Artikel
10 November 2021 | 0 Komentar

Makanan musim dingin selalu disantap dengan dua tujuan, yakni untuk mengisi perut yang kosong dan menghangatkan diri. Kebanyakan masakan musim dingin selalu disajikan dalam keadaan masih panas atau hangat sehingga setelah menyantapnya, suhu tubuh bisa lebih hangat. Selain itu, makanan musim dingin juga dibuat dengan bahan-bahan yang sangat kaya akan nutrisi. Dengan begitu daya tahan tubuh juga bisa ditingkatkan. 



Sumber: PergiKuliner.com


Dari sekian banyak kuliner yang ada di dunia, ada tujuh makanan musim dingin dari berbagai negara yang sering disajikan. Apa saja? Kita cari tahu bersama ya!

 

1. Shabu-shabu



Sumber: Pergikuliner.com


Makanan musim dingin yang pertama adalah shabu-shabu. Shabu-shabu ini asalnya dari Jepang. Di dalamnya berisi daging yang diiris tipis-tipis lalu direbus bersama dengan aneka sayuran seperti sawi hijau, sawi putih, jamur, dan aneka bakso khas Jepang. Untuk cara menyantapnya, daging yang sudah direbus sebentar harus dicelupkan dalam minyak wijen, baru disantap bersama dengan nasi.

 

2. Sundubu Jjigae



Sumber: Pergikuliner.com


Salah satu makanan musim dingin ini asalnya dari Korea Selatan. Sundubu jjigae paling sering disantap pada saat musim dingin karena harus disantap dalam keadaan masih panas sehingga bisa menghangatkan tubuh. Sundubu jjigae dibuat dari bahan dasar tahu dan irisan daging sapi lalu dimasak bersama dengan sawi, kubis, jamur enoki, bubuk cabai, bawang putih, dan aneka bahan tambahan lainnya. Sundubu jjigae ini kebanyakan disajikan dalam hot pot atau hot bowl untuk selalu menjaga kehangatannya.

 

3. Tomyam



Sumber: Pergikuliner.com


Bagi penggemar kuliner Thailand, ada tomyum yang bisa Teman Kuliner pilih sebagai makanan musim dingin. Tomyam adalah sup seafood khas Thailand yang dibuat dari campuran udang, cumi, ikan, daun bawang, jamur, hingga bumbu tomyom. Warnanya yang orange kemerahan ini membuat nafsu makan kita bertambah. Tomyam biasa disajikan bersama dengan nasi putih hangat.

 

4. Locro



Sumber: Agroverdad.com.ar


Selanjutnya ada locro yang bisa dijumpai di Peru, Argentina, Chili, Paraguay, Ekuador, dan Chili. Makanan musim dingin yang masuk golongan sup ini memang disajikan dalam keadaan masih hangat sehingga bisa menghangatkan tubuh. Bahan utama dari locro adalah labu kuning yang dikukus lalu dihancurkan dan dimasak kembali bersama dengan irisan daging sapi, jagung, kadang kedelai, dan lain sebagainya. Locro bisa disantap begitu saja atau dicocol dengan roti kering.


5. Cheese Fondue



Sumber: Elavegan.com


Cheese fondue adalah makanan musim dingin yang asalnya dari Swiss. Cheese fondue kebanyakan disantap di malam hari untuk menghangatkan tubuh dari udara dingin. Cheese fondue dibuat dari dua bahan dasar yakni keju dan roti. Jadi keju akan dilelehkan lalu roti akan disantap dengan dicelupkan dalam keju leleh. Sebagai pendampingnya, ada minuman anggur putih yang disertakan. Selain roti, untuk cocolannya juga bisa menggunakan buah-buahan segar.


6. Soup Cream



Sumber: Pergikuliner.com


Soup cream atau yang lebih dikenal dengan nama sup krim ini sangat banyak dijumpai di negara-negara barat, terutama negara Eropa. Sup krim sudah menjadi makanan wajib yang disajikan pada saat malam musim dingin. Sup krim terbuat dari bahan dasar sayuran, daging, krim, dan rempah. Sayuran yang digunakan bisa beragam, mulai dari brokoli, kentang, wortel, jagung, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk daging yang digunakan kebanyakan adalah dada ayam atau daging sapi cincang.  

 

7. Tteokbokki



Sumber: Pergikuliner.com


Makanan musim dingin yang terakhir adalah tteokbokki. Kuliner ini berasal dari Korea Selatan dan keberadaannya sangat populer, terutama di Indonesia. Bahan utama dari tteokbokki adalah tteok yang dibuat dari tepung ketan yang dikukus lalu dibentuk silinder seperti pipa. Nantinya tteok tersebut akan dimasak bersama dengan pasta cabai Korea, bubuk cabai, bawang bombay, daun bawang, fish cake, dan lain sebagainya. Rasanya pedas sehingga bisa menghangatkan badan karena memang harus disantap saat masih panas.

 

Itulah beberapa makanan musim dingin yang berasal dari berbagai negara. Kebetulan beberapa hari ini cuaca lagi dingin banget. Tentunya paling enak adalah makan makanan berkuah yang hangat kayak beberapa makanan di tempt makan rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Marugame Udon

Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon

Chingu Korean Fan Cafe

Foto Chingu Korean Fan Cafe
Foto Chingu Korean Fan Cafe
Foto Chingu Korean Fan Cafe

Bakso Super Special Pak Diran

Foto Bakso Super Special Pak Diran
Foto Bakso Super Special Pak Diran
Foto Bakso Super Special Pak Diran

Jjang Korean Noodle & Grill

Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill

Shaburi Shabu Shabu

Foto Shaburi Shabu Shabu
Foto Shaburi Shabu Shabu
Foto Shaburi Shabu Shabu

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?