Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Makanan Peningkat Memori Otak, Bisa Cegah Lupa

List Artikel
7 Januari 2022 | 0 Komentar

Otak menjadi organ vital dalam tubuh yang sangat perlu dijaga kesehatannya. Otak memiliki fungsi vital, mulai dari untuk memonitor tekanan darah, melepas hormon yang dibutuhkan oleh tubuh, hingga menyimpan memori atau ingatan manusia. Salah satu penyebab orang mudah lupa atau pikun adalah karena kemampuan memori otaknya menurun. Sebenarnya proses penurunan memori ini adalah hal yang alami terjadi, tapi bisa kamu cegah dengan caram mengonsumsi makanan peningkat memori otak. Dengan mengonsumsi makanan peningkat memori otak, maka Teman Kuliner tak hanya bisa mencegah lupa, tapi juga mencegah beberapa penyakit yang akan terjadi saat sudah menua seperti alzheimer hingga demensia. 


PergiKuliner sudah menyiapkan 7 makanan peningkat memori otak yang bisa kamu konsumsi. Yuk, baca informasinya dibawah ini!


1. Ikan Berlemak



Sumber: PergiKuliner.com


Makanan peningkat memori otak yang pertama adalah ikan berlemak. Ikan diketahui sangat bagus untuk kesehatan otak dan pastinya bisa membantu meningkatkan memori pada otak. Semua jenis ikan bagus dikonsumsi, tapi alangkah baiknya jika Teman Kuliner memilih jenis ikan berlemak seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan makarel, hingga ikan-ikan yang ada kandungan asam lemak omega-3. Dalam sebuah jurnal penelitian, ikan sangat bagus dikonsumsi untuk meningkatkan kemampuan kognitif otak.


2. Blueberry



Sumber: Captel.com


Bluberry sudah sangat dikenal sebagai buah yang bisa membantu meningkatkan daya ingat. Dalam blueberry terdapat kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga bisa berfungsi untuk melawan radikal bebas yang bisa merusak otak. Selain blueberry, jenis buah berry lainnya seperti strawberry, blackberry, hingga rasberry juga bisa dikonsumsi untuk memperlambat penurunan fungsi kognitif pada otak akibat faktor usia.


3. Brokoli



Sumber: Pergikuliner.com


Brokoli merupakan jenis sayuran yang kaya akan sumber serat makanan rendah kalori. Di dalam brokoli terdapat kandungan senyawa glukosinolat yang ketika masuk ke dalam tubuh akan terpecah dan menghasilkan isothiocyanate yang ternyata mampu mengurangi stres oksidatif dan menurunka risiko penyakit penurunan kemampuan pada otak. Tak hanya itu saja, kandungan flavonoid, vitamin C, dan antioksidannya juga bagus utuk meningkatkan kesehatan otak.

 

4. Telur



Sumber: Pergikuliner.com


Selanjutnya ada telur yang juga sangat bagus dikonsumsi sebagai makanan peningkat memori otak. Telur ini sangat kaya akan kandungan kolin, folat, dan vitamin yang bisa membuat sel otak berfungsi dengan baik. Mulai dari vitamin B6 hingga B12. Asupan kolin sangatlah penting untuk meningkatkan memori dan fungsi mental agar lebih baik.

 

5. Kacang-kacangan dan Biji-bijian



Sumber: Cookinglight.com


Kacang-kacangan dan biji-bijian sangat bagus dikonsumsi sebagai makanan peningkat memori otak karena kaya akan kandungan antioksidan, asam lemak omega-3, vitamin E, zinc, dan masih banyak lagi. Semua jenis kacang-kacangan dan biji-bijian bagus dikonsumsi. Hanya saja kacang almond dan walnut lebih banyak kandungan gizinya. Sementara untuk biji-bijian, biji bunga matahari yang paling bagus untuk kesehatan otak.


6. Cokelat Hitam



Sumber: Pergikuliner.com


Cokelat hitam sangat bagus dikonsumsi karena menjadi makanan peningkat memori otak. Di dalam cokelat hitam terdapat kandungan flavonoid, kafein, dan antioksidan yang bisa meningkatkan fungsi otak. Cokelat hitam ini bisa Teman Kuliner konsumsi sebagai campuran pada aneka olahan makanan penutup.

 

7. Kopi



Sumber: Pergikuliner.com


Terakhir ini sebenarnya tidak termasuk makanan, tetapi minuman. Kopi adalah minuman yang sangat bagus untuk meningkatkan memori otak. Dalam kopi terdapat kandungan kafein dan antioksidan yang sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan kapasitas otak untuk memproses informasi di dalam otak. Selain kopi, ada teh hijau yang juga bisa Teman Kuliner konsumsi untuk meningkatkan daya ingat.


 

Itulah makanan peningkat memori otak. Jadi mulai sekarang Teman Kuliner bisa mengonsumsi salah satunya setiap hari untuk menjaga daya ingat. 

Tsamara Resto & Function Hall

Foto Tsamara Resto & Function Hall
Foto Tsamara Resto & Function Hall
Foto Tsamara Resto & Function Hall

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Lula Kitchen & Coffee

Foto Lula Kitchen & Coffee
Foto Lula Kitchen & Coffee
Foto Lula Kitchen & Coffee

Oranje Juicery

Foto Oranje Juicery
Foto Oranje Juicery
Foto Oranje Juicery

Better Chocolate Than Never

Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?