14 Masakan Sunda Enak di Bandung yang Rasanya Autentik

21 Juli 2023 | 0 Komentar

Mencari masakan Sunda enak di Bandung tentu bukanlah hal yang sulit. Bandung tidak hanya dikenal sebagai kota wisata saja tetapi juga dikenal sebagai kota kuliner di mana kita bisa menjumpai aneka kuliner enak, termasuk masakan Sunda. Masakan Sunda sendiri adalah kuliner khas Sunda yang merupakan salah satu suku paling dominan di wilayah Jawa Barat. Masakan ini terkenal akan cita rasa yang kaya dan beragam, dengan bumbu-bumbu alami serta racikannya yang unik.


Masakan Sunda memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya berbeda dari masakan-masakan khas Indonesia lainnya. Salah satu ciri khasnya adalah penggunaan lalapan dari sayur-sayuran yang membuatnya kaya akan kandungan serat dan juga aneka sambal yang juga tak boleh ketinggalan. Tapi selain itu, tentu saja ada masakan Sunda yang berkuah seperti mie kocok, soto Bandung, hingga makanan yang menggunakan bumbu dasar saus kacang seperti batagor.


Buat kamu yang ingin berburu masakan Sunda enak di Bandung, di bawah ini sudah ada beberapa rekomendasi tempat yang bisa didatangi. Beberapa di antaranya ada yang berupa restoran hingga kedai kaki lima. Untuk lebih jelasnya lagi, yuk langsung kita cek bersama-sama daftar rekomendasi masakan Sunda enak di Bandung berikut ini!

Warung De'Tuik

Jl. Bojong Koneng Atas No. 20A, Surapati, Bandung

Rp. 50.000 - Rp. 100.000 /orang

Makan liwet di De'Tuik!

Suasananya bagus buat refreshing, serba hijauu 🥦, ada area kursi-meja, area lesehan dan area saung di bawah dekat taman~ Makanan disini ada susundaan, bubulean dan bakso. Gegara liat meja sebelah pesen liwet pake kastrol, kabita juga eyyy pingin liwet 😂Ternyata liwetnya emang favoritos.

Raja Sunda

Jl. Dr. Djunjunan No. 63, Pasteur, Bandung

Di bawah Rp. 50.000 /orang

Makanan sunda

Saya dan keluarga pesan menu paket personal, Nasi liwet komplit dengan isi Nasi liwet, ayam goreng, peyek kacang, ikan asin dan tahu tempe, pesan juga sayur tambahan seperti tumis kangkung, tumis tauge dan Udang mentega. Untuk rasa enak-enak, dan sambal nya free flow.

Dusun Bambu Ngampar - Dusun Bambu

Dusun Bambu, Pasar Khatulistiwa
Jl. Kolonel Masturi KM 11, Lembang, Bandung

Di bawah Rp. 50.000 /orang

Kalau Ke Bandung Harus Ke Dusun Bambu

Dusun Bambu luas banget dan banyak restoran yang bisa kamu pilih di sana. Aku coba Dusun Bambu Ngampar yang spesial menu bebek serta ayam. Lihat saja porsinya lumayan banyak dan presentasinya juga menarik. Bebeknya empuk dan pas disajikan dengan sambal khas.

Batagor Burangrang

Jl. Burangrang No. 7, Burangrang, Bandung

Di bawah Rp. 50.000 /orang

Batagor Enak Wajib Coba di Bandung

Aku suka sih ini. Seporsi ini ternyata besar juga, cukup lah dimakan berdua. Bumbu kacangnya gurih, ga terlalu manis (kalo mau racik2, bisa tambahin kecap manis sendiri). Trus batagornya juga enak kenyalnya pas dan cukup kerasa ikannya.

Batagor & Siomay Kingsley

Jl. Veteran No. 25, Veteran, Bandung

Di bawah Rp. 50.000 /orang

Legendaris nih

Aku kira ini jajanan batagor kaki lima yg legendaris gitu pas lg search makanan legendaris di bandung.. eh begitu sampe, ternyata ini ruko’an.. dan memang keliatannya tuh kayak udh terkenal sih.Aku pesan Batagor dan Siomay goreng nya.Rasanya gurih, teksturnya kental.

Batagor H. Darto (Simpang Dago)

Pasar Simpang Dago
Jl. Ir. H. Juanda No. 200, Dago Atas, Bandung

Di bawah Rp. 50.000 /orang

Gede-gede

Salah satu batagor legend di Bandung nih yang sudah ada sedjak tahun 1980. Letaknya ada di pinggiran Jalan Dago. Tepatnya di Pasar Simpang Dago. Per bijinya dibandrol dengan harga 6000 rupiah. Per bijinya gede-gede lhoh. Bisa jadi 4-5 potong.

Mie Kocok Kaki Sapi Mang Nanang Tea

Jl. Ternate No. 2 (Seberang Kramat Djati), Riau, Bandung

Di bawah Rp. 50.000 /orang

Porsi guedee!!

Asli ini kayaknya definisi kalau makan sendiri kekenyangan makan berdua kurang. Porsinya lumayan besar dan isiannya juga melimpah banget, mau ngaduknya aja susah banget😔😃😃 Tapi ini enakk, kuahnya gurih bangeettt, tekstur kikilnya pas banget dan bersih!!

Soto Bandung Pak Simon

Jl. Cibadak No. 149, Cibadak, Bandung

Di bawah Rp. 50.000 /orang

Soto Bandung Pak Simon di Cibadak

Aku selalu daging full tanpa kacang goreng. Pokoknya, kalo ke bandung belom makan ini berasanya gak ke bandung. Ini wajibbb!

Darmaga Sunda

Jl. Raya Lembang No. 27, Lembang, Bandung

Di bawah Rp. 50.000 /orang

Resto makanan sunda yang sangat FAMILY FRIENDLY

Karedok 9/10⭐️ : seger, lebih ke manis. sisanya aku makan pake nasi liwet, enak gurih, cuma agak kelembekan sih nasinya buatku, plus sambalnya enak kok seger.Overall good, suasananya bikin betah banget. Ada area musholanya juga. Cocok deh buat yang cari family resto.

Paviliun Sunda

Jl. LLRE Martadinata No. 97, Riau, Bandung

Rp. 50.000 - Rp. 100.000 /orang

@koenyah__

Untuk gurame bakarnya ini enak dan porsinya gede sih ini padahal kita pesen yang paling kecil. Tumisannya juga enak cenderung ke gurih. Oiya buat kamu yang suka sambel wajib nambah sambelnya ya karna untuk sambelnya sendiri di sini juga berbayar 😚

Sapu Lidi

Komplek Graha Puspa
Jl. Sersan Bajuri, Lembang, Bandung

Rp. 50.000 - Rp. 100.000 /orang

Healing ga perlu jauh-jauh ke Sapulidi Resto aja

Ikan Nila Goreng sambel kemangi (24k/ ons)
Takut kepedesan jd minta sambel di pisah, ehh taunya enak mirip saus titam agak pedes dikit. enakkkkk digoreng garing.Es lilin (15k)
Esnya enak rasa kelapa dan koland.

Kampung Daun

Jl. Sersan Bajuri KM 4.7 No. 88, Lembang, Bandung

Rp. 100.000 - Rp. 200.000 /orang

Ngabuburit yuk!

Makanan nya juga enak lho, aku pesen paket nasi timbelnya lengkap dengan ayam bakar tahu tempe sambel terasi, pesen porsian ikan jambal dan udang bakar madu juga. Semuanya enak. Bumbunya gak pelit, sambelnya pedes, sayur asemnya juga enak. Sure bakal balik lagi kesini.

Sedep Malem

Jl. Burangrang No. 11, Burangrang, Bandung

Rp. 50.000 - Rp. 100.000 /orang

Jadul tapi Tidak Seram

Pepes Jamur (8.5/10)
Pepes Jamur jauh lebih enak. Bumbunya jauh lebih terasa.Sebagai pemanis, diberikan taburan bawang goreng.Terdapat stand berisi aneka sambal dan lalapan (mentah dan matang). Ga rugi ambil banyak karena sambalnya memang enak.

Lotek Mahmud

Jl. Mahmud lV No. 9, Pasir Kaliki, Bandung

Di bawah Rp. 50.000 /orang

Legend

Super banget sama Bakut nya @lotekmahmud , walaupun tempatnya di dalam gang, orang-orang banyak yg datang. Tak sekedar org Bandung, hingga orang luar kota pun pasti datang. Ga cuman ada Bakut dong pastinya, smua menu disana menjadi fav para masyarakat.

Topik artikel ini: